Sunday, February 10, 2013

Belajar SEO


Kata SEO sudah sangat familiar bagi kalangan para blogger. Tujuan dari SEO itu sendiri adalah untuk meningkatkan page rank/rangking dihalaman search engine (mesin pencarian) seperti Google, Yahoo, MSN dll setinggi tinggi nya.




Search engine itu sendiri ibaratnya adalah pintu masuk atau jembatan penghubung antara pengunjung dengan Blog kita, nah SEO / Search Engine Optimization inilah point penting agar blog kita mudah ditemukan pengunjung sehingga content yang kita maksud dapat dibaca oleh pengunjung.

Bagaimana cara mengoptimasi SEO ?

Inilah pertanyaan yang menarik dan banyak sekali diajukan oleh para blogger terutama para blogger pemula.
ada berbagai cara mengoptimasi SEO, diantaranya :
  1. Pemberian Nama Blog yang baik
  2. Pemilihan Kata Kunci/Keyword yang tepat
  3. Memasang Backlink yang berkualitas
  4. Pengoptimalan dengan Google webmaster melalui pemasangan Meta Tag, Site Map dll 

Pemberian Nama Blog 


Berilah nama blog kita dengan nama yang unik tetapi harus mengikuti trend yang tengah beredar di masyarakat atau media, poin pemberian nama ini cukup penting sehingga perlu dipikirkan secara cermat.
Nama blog ibaratnya nama toko tempat kita jualan, maka pilihlah nama yang unik, jangan terlalu panjang agar dapat mudah diingat baik bagi kita maupun bagi pengunjung. Kemudian perhatikan penggunaan bahasa dari nama blog, kalo target kita go internasional, bolehlah kita menggunakan bahasa inggris sehingga orang asing tidak merasa segan untuk berkunjung ke blog kita misalnya ebay.com, amazon.com, namun sebaliknya kalau kita membidik pengunjung domestik maka untuk nama blog kita gunakan bahasa indonesia agar pengunjung dari Jakarta, Bandung, semarang, Brebes, Tegal dll akan merasa nyaman untuk berkunjung ke blog kita.


Pemberian Keyword/Kata Kunci 

Nah ini dia bagian yang gampang-gampang susah, pemberian keyword sangat penting bagi blog kita, keyword itu sendiri adalah sederetan huruf/kata yang akan dimasukan ke dalam mesin pencari oleh pengguna internet. misalnya kata yang dimasukan adalah "Sepak Bola", idealnya begitu ditekan enter maka yang muncul di halaman mesin pencari itu adalah blog kita yang kebetulan membahas mengenai persepak bolaan.
Ada berapa cara untuk menentukan keyword ini, salah satu caranya dengan menggunakan software atau layanan di internet, baik yang gratisan maupun yang berbayar.

  • Mas Bro atau Mbak Sist. bisa menggunakan layanan asli dari kakang mas Google Adword, masuk ke situs Google adword https://adwords.google.com/ 
  • Kemudian pilih menu tool 
  • masuk ke menu keyword tools
  • masukan url blog kita lalu masukan keyword yang kira-kira akan kita pakai kemudian di generate oleh beliau.

Hasilnya akan kelihatan seberapa peka : Low, Medium atau Hard dan seberapa banyak mesin pencari mencatat penggunaan kata kunci yang kita gunakan. Pilihlah kata yang paling sering digunakan baik untuk Lokal maupun Internasional.
Layanan Mas Google Adword ini gratis dan tidak memerlukan registrasi.  
Terima kasih dan selamat mencoba..


1 comment:

  1. Need To Boost Your ClickBank Banner Commissions And Traffic?

    Bannerizer makes it easy for you to promote ClickBank products using banners, simply go to Bannerizer, and grab the banner codes for your chosen ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator to promote all of the available ClickBank products.

    ReplyDelete